Blogger news

Saturday 8 June 2013

Kesendirian Untuk Perenungan



Posted    : Ulul Azmi U.
Sumber                :
"Bagi sebagian orang, kesendirian mungkin menyakitkan, namun bagi beberapa diantaranya selalu sadar bahwa kesendirian adalah salah satu cara untuk merenungkan setiap kesalahan yang pernah dia lakukan di masa lalu sehingga dia makin siap menatap masa depan"

        Siapa di dunia ini yang tak pernah merasakan kesendirian? kesendirian adalah sebuah kondisi dimana diri kita merasakan sebuah kekosongan batin yang disebabkan oleh berkurang atau menghilangnya suport ataupun perhatian dari orang-orang disekitar kita secara mendadak sehingga yang kita rasakan selanjutnya adalah diri kita yang sendirian menghadapi setiap realita dalam kehidupan. 


       Manusia adalah makhluk sosial sehingga menurut kodratnya manusia selalu membutuhkan kehidupan bermasyarakat. Manusia dikatakan sebagai makhluk sosial, juga karena pada diri manusia ada dorongan dan kebutuhan untuk berhubungan (interaksi) dengan orang lain, manusia juga tidak akan bisa hidup sebagai manusia kalau tidak hidup di tengah-tengah manusia. Karena kodratnya sebagai makhluk sosial yang senantiasa membutuhkan orang lain disekitarnya inilah yang kemudian membuat sebuah kesendirian bisa saja menimbulkan konflik pribadi yang berdampak negatif ada perkembangan setiap manusia. dampak negatif ini bisa saja muncul dalam bentuk depresi karena merasa tidak diterima lingkungan,cenderung menyendiri,kurang komunikatif serta berupaya menjauh dari lingkungan yang ada dikarenakan dia tak merasa menjadi bagian dari lingkungan yang ada disekitarnya saat ini. apabila perasaan sendiri ini dibiarkan terlalu lama dengan kondisi psikologis manusia tersebut yang belum siap dengan kondisi barunya ini dapat saja mengakibatkan stres atau depresi akut pada orang yang bersangkutan.
          Memang harus kita akui bahwa tidak semua manusia di dunia ini pandai bergaul dan bermasyarakat di lingkungan sekitarnya karena selalu ada beberapa gelintir orang yang kurang suka bersosialisasi dengan lingkungan sekitar. namun berbicara mengenai manusia, maka kodratnya sebagai makhluk sosial inilah yang tidak mampu kita kesampingkan begitu saja dalam konteks permasalahan ini.
  Kesendirian bagi beberapa orang memang terasa sangat menyakitkan,namun bagi sebagian orang lainnya juga bisa menjadi media pembelajaran yang ampuh untuk memahami karakteristik orang-orang disekitarnya. sebuah kata mutiara berikut ini mungkin bisa menggambarkan situasinya "Terkadang sesuatu akan terasa sangat berharga ketika kita telah kehilangannya". sama halnya seperti makna yang tersirat didalam kata mutiara tadi, sebuah kesendirian mungkin muncul dalam diri kita sebagai sarana untuk belajar merenungkan apa yang seharusnya kita renungkan tentang makna sebuah kebersamaan. banyak diantara kita yang menyia-nyiakan kebersamaan yang pernah mereka rasakan sehingga ketika kebersamaan itu kemudian menghilang dari diri mereka dan enggan mendekati mereka lagi maka orang-orang yang sedang merasakan kesendirian itu kemudian tak tau harus berbuat apa untuk mensiasatinya. padahal tidak pernah ada sesuatu hal yang datang dalam hidup kita itu tanpa sebuah sebab yang mendasarinya. sehingga ketika hari ini mungkin kita merasakan sebuah kesendirian,maka disaat itu pula sebenarnya kita sedang diberikan waktu untuk merenungkan kekhilafan yang mungkin kita lakukan terhadap kawan-kawan kita di masa lalu sehingga kita mampu membuat sebuah perubahan yang lebih baik di masa depan

"Kita mungkin tidak akan pernah tau apa yang akan kita terima di masa depan, karena seharusnya yang perlu kita ketahui hanyalah apa yang harus kita lakukan saat ini" 
jadi, bagi kawan-kawan pembaca sekalian yang mungkin saat ini takut akan kesendirian yang mungkin bisa saja terjadi pada diri kalian di masa depan, selalu ingatlah bahwa yang terpenting bukanlah perasaan takut terhadapnya melainkan apa yang harus kita lakukan saat ini untuk menghindari kesendirian itu makin dekat pada diri kita di masa depan.


0 comments:

Post a Comment