Blogger news

Saturday 8 June 2013

Konsistensi dalam Kesuksesan


"Sukses itu terkadang tak cukup hanya bermodalkan keberuntungan belaka,karena yang lebih dibutuhkan untuk meraih kesuksesan yang sebenarnya hanyalah konsistensi diri kita dalam menjalani setiap proses didalamnya"


          Ada orang-orang yang beranggapan bahwa sukses yang mereka dapatkan juga ditentukan oleh keberuntungan yang mereka miliki,padahal sesungguhnya orang yang bergantung pada keberuntungan dan percaya bahwa itulah kunci kesuksesan merupakan orang yang paling tidak beruntung yang pernah kita temui. hal ini karena sebenarnya sukses itu datang sebagai hasil dari kerja keras dan konsistensi yang kita miliki dalam setiap usaha kita untuk mendapatkan kesuksesan yang diharapkan.


          Jika dijabarkan secara etimologis,konsistensi diri dapat dirangkum dengan definisi sebagai bentuk ketetapan hati, kesungguhan dan juga "kepemilikan" terhadap sejumlah prinsip-prinsip dalam kehidupan yang terpatri dan menjadi pedoman dalam menjalani hidup dan kehidupan. inilah sebabnya kemudian konsistensi diri menurut saya menjadi penentu utama seseorang untuk bisa meraih sebuah kesuksesan,karena sebuah kesuksesan takkan pernah bisa terwujud apabila kita tak memiliki ketetapan hati serta kesungguhan untuk melalui proses didalamnya. orang-orang yang sukses di berbagai macam bidang pasti selalu memiliki cerita dibalik kesuksesan yang dia raih. thomas alfa edison adalah satu contoh yang mungkin tepat. Penemu Lampu ini sebelum akhirnya bisa menemukan lampu yang sempurna,telah mengalami kegagalan beribu-ribu kali sebelum kemudian bisa berhasil menciptakan prototype lampu yang dia harapkan. coba bayangkan apabila dalam kegagalannya yang baru beberapa kali,dia sudah menyerah dan berhenti di tengah jalan, pasti dia pada akhirnya takkan mampu sukses menemukan lampu yang di kemudian hari bermanfaat untuk jutaan manusia saat ini. 
          Meskipun tampaknya dari beberapa penjelasan saya diatas, terlihat bahwa untuk sukses cukup simpel karena hanya butuh konsistensi. ternyata dalam pelaksanaannya tidak semudah itu. justru terkadang yang tersulit dalam sebuah usaha atau proses menuju kesuksesan adalah untuk senantiasa konsisten pada tujuan akhir kita. banyak diantara kita yang kemudian tidak berhasil disebabkan dia putus asa ditengah jalan karena tak kunjung mendapatkan kesuksesan yang dia harapkan. satu yang ingin saya tekankan kepada pembaca sekalian bahwa tidak ada sukses yang instan :) semua hal itu selalu butuh proses. jika kita tak ingin menjalani proses yang ada,maka jangan pernah berharap untuk berhasil. 
          Ada pula beberapa orang yang berhenti di tengah usaha mereka karena mereka merasa bahwa yang mereka lakukan seharusnya sudah sangat cukup untuk memperoleh apa yang ingin mereka raih, padahal usaha yang cukup menurut mereka,belum tentu sama dengan kriteria usaha yang cukup menurut Tuhan. jadi,dibutuhkan kesabaran dan kebesaran hati yang selalu menemani konsistensi diri dalam berusaha mewujudkan kesuksesan yang memang benar-benar kita harapkan.


0 comments:

Post a Comment